Leylah Fernandez Melesat ke Final US Open. Ini Dua Petenis Indonesia yang Pernah Bertarung Dengannya

tenisIndonesia.com – Leylah Annie Fernandez membuat kejutan besar pada gelaran kejuaraan tenis profesional Grand Slam Amerika Serikat Terbuka 2021. Petenis remaja asal Kanada itu sukses memijakkan kaki ke babak final tunggal putri salah satu turnamen tenis terbesar di muka bumi tersebut.

Tiket babak puncak berhak dikantongi oleh Leylah Fernandez, menyusul kemenangan yang dibukukannya di babak atas petenis Belarus, Aryna Sabalenka.

Pada pertandingan yang berlangsung di Arthur Ashe Stadium, Jumat (10 September 2021) pagi WIB, Leylah Fernandez yang pada kejuaraan ini tak diunggulkan, berhasil menumbangkan Aryna Sabalenka yang ditempatkan sebagai unggulan kedua, lewat duel ketat rubber set yang berakhir dengan angka 7-6(3), 4-6, 6-4.

Selanjutnya di babak pamungkas kejuaraan tenis yang diadakan di Negeri Paman Sam itu, Leylah Fernandez akan bertarung menghadapi pemenang partai semifinal lainnya yang mempertemukan antara unggulan ke 17, Maria Sakkari asal Yunani versus petenis kualifikasi, Emma Raducanu dari Britania Raya.

Berbicara penampilan fenomenal Leylah Annie Fernandez, kita jadi teringat bila ia pernah bertanding melawan dua petenis Indonesia beberapa tahun lalu.

Srikandi tenis Merah Putih yang pertama kali berkesempatan berjibaku menghadapi Leylah Fernandez adalah Priska Madelyn Nugroho.

Duel antara dua Dara itu terjadi pada putaran final yunior Fed Cup World Group 2018 yang berlangsung di Budapest, Hungaria. Pada ajang berlabel “2018 Junior Fed Cup by BNP Paribas Finals” itu, mereka sempat berlaga sebanyak dua kali. Perjumpaan pertama Leylah Fernandez melawan Priska adalah di pertandingan penutup penyisihan Grup C. Sedangkan bentrok kedua mereka terjadi pada laga play off perebutan peringkat 7.

Pada pertemuan perdana, Priska harus mengakui keunggulan petenis yang lahir di tahun 2002 itu dengan skor 4-6, 2-6. Akan tetapi selang beberapa hari kemudian, Priska bisa memberi perlawanan lebih berarti dan menyulitkan Leylah. Pada pertandingan kedua, Priska kalah dengan skor tipis 5-7, 5-7.

Di kejuaraan tenis yunior beregu putri dunia yang bergulir mulai 25 hingga 30 September 2018 itu, selain bertarung di sektor tunggal, Priska dan Leylah juga bertanding di nomor ganda. Kala itu, Priska Madelyn Nugroho yang berduet dengan Janice Tjen, melawan Leylah Fernandez yang berpasangan dengan Jada Bui, di babak penyisihan grub C.

“Pemain kita jauh bisa lebih beradaptasi dengan permainan lawan. Sayang keberuntungan belum di pihak kita.” tulis Ryan Tanujoyo, kapten sekaligus pelatih Tim Fed Cup yunior Indonesia, dalam siaran persnya yang diterima oleh ayotenis melalui pesan singkat WhatsApp (01/10).

Petenis Indonesia berikutnya yang mendapat kesempatan menjajal ketangguhan Leylah Annie Fernandez adalah Aldila Sutjiadi.

Dila, begitu Aldila Sutjiadi akrab dipanggil, bertemu Leylah Fernandez di babak pertama kejuaraan tenis profesional ITF (International Tennis Federation) W25 Canberra, Australia.

Bermain pada hari Rabu (20 Maret 2019), Leylah Fernandez yang pada kejuaraan bertitel “W25 Canberra Act Clay Court International” tersebut berstatus petenis kualifikasi, mengakhiri perlawanan Dila dengan skor 7-5, 6-1.

Semoga Aldila Sutjiadi dan Priska Madelyn Nugroho mendapatkan kesempatan untuk berlaga kembali melawan Leylah Annie Fernandez, dan mampu revans atas kekalahan mereka di pertemuan sebelumnya.

Berikut adalah perjalanan Leylah Fernandez melangkah ke babak final kejuaraan tenis Grand Slam US Open 2021:

Putaran Pertama Versus Ana Konjuh (Kroasia): 7-6(3), 6-2.

Babak Kedua Versus Kaia Kanepi (Estonia): 7-5, 7-5.

Babak Ketiga Versus Naomi Osaka (Jepang): 5-7, 7-6(2), 6-4.

Babak 16 Besar Versus Angelique Kerber (Jerman): 4-6, 7-6(5), 6-2.

Quarterfinal Versus Elina Svitolina (Ukraina): 6-3, 3-6, 7-6(5).

Semifinal Versus Aryna Sabalenka (Belarusia): 7-6(3), 4-6, 6-4.

Final Versus Emma Raducanu (Britania Raya):

Update: Di babak semifinal lainnya, akhirnya Emma Raducanu juga berhasil mencetak kejutan besar dengan menjungkalkan Maria Sakkari dengan kemenangan dua set langsung, 6-1, 6-4. Dengan demikian di final turnamen tenis Grand Slam Amerika Serikat Terbuka 2021 akan saling beradapan antara Leylah Annie Fernandez melawan Emma Raducanu.

Laga final Grand Slam US Open 2021 antara Leylah Annie Fernandez Vs Emma Raducanu rencananya akan digelar pada hari Minggu (12 September 2021).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.